Iklan

Iklan

,

Iklan

A D V E R T I S E M E N T

PAPPRI Tana Toraja Sukses Gelar Festival Pencarian Bakat Penyanyi Solo dan Festival Pompang

Redaksi
2 Sep 2024, 12:01 WITA Last Updated 2024-09-02T04:34:15Z
A D V E R T I S E M E N T
Salah satu peserta Tana Singers Competition (Ist)

Infokitasulsel.com, Tana Toraja - Persatuan Artis, Penyanyi, Pemusik dan Pencipta Lagu Republik Indonesia (PAPPRI) Cabang Tana Toraja berhasil memukau dan menghibur masyarakat Tana Toraja.


Pasalnya, selama empat hari berturut - turut DPC PAPPRI Tana Toraja berhasil menghilangkan penat dengan memberikan hiburan kepada warga Toraja melalui ajang pencarian bakat "Tana Torajan Singers Competition" dan "Festival Music Pompang", 28-31 Agustus 2024.

Kegiatan tersebut disorot hingga ratusan ribu pasang mata yang hadir dan menonton via live streaming.


PAPPRI yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Toraja, MPC Pemuda Pancasila, KBPPP Polri dan GenZ bahkan berhasil menumbuhkan ekonomi warga pada kegiatan tersebut.

Dimana diketahui banyak lapak kuliner milik warga yang jajanannya laris manis, hingga mendapatkan omset 3-5 juta perhari.


Ajang pencarian bakat penyanyi dibagi dalam dua kategori, yakni kategori anak dan remaja diikuti puluhan peserta se Tana Toraja dengan total hadiah 20 juta. sementara, musik pompang diikuti 10 kelompok dengan total hadiah 18 juta. 

Wakil ketua DPC PAPPRI Tana Toraja, Yulius menyampaikan event Torajan Singers Competition merupakan salah satu program kerja PAPPRI Tana Toraja dalam mengembangkan minat bakat generasi muda Tana Toraja di dunia tarik suara. 


"Tana Toraja sekarang punya generasi penerus, dan ini menjadi topik utama kami DPC PAPPRI Tana Toraja menggelar kegiatan ini sebagai ajang pencarian bakat penyanyi baru talenta muda Tana Toraja," kata Yulius. 

Melihat animo masyarakat yang tinggi, Yulius menyampaikan PAPPRI Tana Toraja akan berupaya menjadikan ajang pencarian bakat penyanyi menjadi program tahunan. 


"Harapan kami kedepan semakin banyak peminat supaya Toraja punya talenta yang lebih banyak lagi, karena selama ini Toraja selama ini dikenal sebagai lumbung dan gudang para penyanyi, jadi kami dari pihak PAPPRI merasa terpanggil untuk membina generasi muda kita," terangnya. 


Yulius juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Tana Toraja yang telah berkolaborasi dengan PAPPRI dalam melaksanakan kegiatan ini berjalan dengan maksimal. 

"Kami merasa bangga karena kami dipercaya Pemerintah berkolabarosi dalam kegiatan ini sehingga boleh berjalan dengan maksimal, nyatanya setiap malam jumlah penonton membludak dan tentu berdampak pada nilai Ekonomi masyarakat," pungkasnya. 


Sementara, Agustinus Mulu salah satu juri musik pompang yang juga pengurus PAPPRI Tana Toraja menyampaikan, festival pompang dilaksanakan untuk melestarikan musik tradisional pompang yang hampir punah di Tana Toraja.


Sebab, orang yang memiliki keterampilan dalam melatih musik ini sudah jarang, sementara pompang sangat dirindukan masyarakat Tana Toraja. 


"Ibu ketua Dr Erni Yetti adalah pencinta musik, sehingga beliau mengusulkan untuk melaksanakan festival musik pompang khusus lingkup Tana Toraja," kata Agustinus Mulu. 


Agustinus Mulu mengungkap, ketua DPC PAPPRI Tana Toraja terus berkomitmen dalam melestarikan musik pompang, salah satunya melalui workshop yang dilaksanakan bulan Februari lalu dengan melibatkan pembina musik pompang yang ada di Tana Toraja. 


"Ibu ketua (Dr Erni Yetti Riman) terus mendorong musik pompang ini semakin hari semakin berkembang," terangnya. 


Berikut juara Lomba Torajan Singers Competition dan Festival Musik Pompang. 


Torajan Singers Competition Kategori Anak:

Juara I     : Friskila K.T

Juara II    : Tiffany Putri

Juara III  : Dwiven Chalista

Harapan I   : Levina Baan T. 

Harapan II  : Kesya Imanuel

harapan III : Jelita Sobon


Torajan Singers Competition Kategori Remaja:

Juara I    : Gwenola

Juara II   : Holy Chelsea 

Juara III  : Vesiansi Nona

Harapan I   : Vista Aurellya

Harapan II  : Kartika Andin

harapan III : Nober Nallo


Pemenang Festival Musik Pompang:

Juara I   : Betesda Makale

Juara II  : UPT SMPN 1 Sangalla'

Juara III : UPT SDN 06 Mengkendek

Harapan I   : Jemaat Alfa Omega To'barana'

Harapan II  : UPT SDN Makale Selatan

harapan III : UPT SDN 2 Sangalla Selatan

Iklan

               
         
close